Definisi Tentang Harga



harga Price  /  Harga
            Pengertian / definisi harga ( Price ) harga merupakan salah satu bagian yangs angat penting dalam pemasaran suatu produk karena harga adalah satu dari 4 komponen pemasaran / marketing Mix. ( 4P = Product, Price, Place, Promotion. ). Harga adalah suatu nilai tukar dari produk abrang maupun jasa yang di nyatakan dalam satuan moneter.
            Harga merupakan salah satu penentu keberhasilan suatu perusahan, karena harga menentukan seberapa besar keuntungan yang akan di peroleh perusahaan dari penjualan produknya baik berupa barang dan berupa jasa.
Salah satu tanggung jawab seorang meneger pemasaran adalah menentukan harga produk atau lini produk dalam lingkungan strategi harga dinamis.upaya semacam ini di lakukan agar strategi yang di anut mampu di pergunakan untuk mengantisipasi desakan factor lingkungan luar, contohnya permintaan konsumen,persaingan.kondisi perekonomian secara makro.
            Dalam menentukan harga, jika menetapkan harga terlalu tinggi akan menyebabkan penjualan akan menurun, namun jika harga terlalu rendah akan mengurangi keuntungan yang di peroleh oleh suatu perusahaan.

Tujuan penetapan harga
Tujuan penetapan harga adalah sebagai berikut :
1.    Mendapatkan keuntungan yang sebesar besarnya.
2.    Mempertahankan perusahaan
3.    Menggapai ROI ( Return On Investment )
4.    Menguasai pasar
5.    Mempertahankan status quo


Cara / Teknik Penetapan Harga Produk
1.     Pendekatan permintaan dan penwaran ( supplu demand approach )
Dari tingkat permintaand an penawaran yang ada di tentukan keseimbangan ( equilibrium price ) dengan cara mencari harga yang mampu di bayar konsumen dan harga yang di trima produsen sehingga terbentuk jumlah yang di minta sama dengan jumlah yang di tawarkan.
2.     Pendekatan Biaya ( cost oriented approach )
Mentukan harga dengan cara menghitung biaya yang di keluarkan produsen dengan tingkat keuntungan yang di inginkan baik dengan markup pricing dan break event analysis
3.     Pendekatan pasar ( market approach )
Merumuskan harga untuk produk yang di pasarkan dengan cara menghitung variable – variable yang mempengaruhi pasar dan harga seperti situasi dan kondisi politik , persaingan, social budaya, dan lain lain

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peran , Fungsi , kelebihan dan kekurangan usaha ritel

GUNUNG MAHAMERU

pengertian atau devinisi pemasaran